 KIAT SUKSES MENGHADAPI UN TAHUN 2012
KIAT SUKSES MENGHADAPI UN TAHUN 2012 a. Kuasai Materi Pelajaran
a. Kuasai Materi PelajaranBelajar adalah proses mencari tahu sepanjang hidup, Tuntulah ilmu dari buaian sampai liang lahat,tuntutlah ilmu walau ke negeri cina Menuntut ilmu wajib hukumnya baik muslim laki - laki maupun muslim perempuan.
 KIAT SUKSES MENGHADAPI UN TAHUN 2012
KIAT SUKSES MENGHADAPI UN TAHUN 2012 a. Kuasai Materi Pelajaran
a. Kuasai Materi Pelajaran
1. Untuk melindungi diri dari hewan yang akan memangsanya, kadal dan cicak melakukan ... .
a. mimikri
b. autotomi
c. reproduksi
d. konjugasi
2. vivipar yaitu perkembangbiakan hewan secara … .
a. bertelur
b. beranak
c. membelah diri
d. bertelur dan beranak
3. Penghargaan pemerintah yang diberikan pada seseorang atau kelompok orang yang berjasa bagi lingkungan hidup disebut … .
a. Bintang Jasa
b. Adipura Kencana
c. Upakarti
d. Kalpataru
4. Pernyataan di bawah ini adalah cara melestarikan lingkungan , kecuali … .
a. reboisasi
b. sengkedan
c. terasering
d. ladang berpindah
5. Tempat untuk melestarikan hewan langka agar tidak punah disebut … .
a. cagar alam
b. suaka margasatwa
c. taman hewan langka
d. kebun binatang
6. Contoh rantai makanan berikut yang benar adalah … .
a. rumput-belalang-burung-kucing
b. kucing-belalang-burung-rumput
c. kucing-burung-belalang-rumput
d. rumput-kucing-belalang-burung
7. Sesuai dengan bentuknya kaki elang berfungsi untuk … .
a. mencengkeram
b. berjalan
c. bertengger
d. mengais
8. Sendi yang memungkinkan gerakan ke semua arah yaitu sendi pada ............
A. pangkal lengan
B. pangkal ibu jari
C. tulang telapak tangan
D. jari
9. Rangka tubuh yang berfungsi sebagai pelindung bagian-bagian tubuh yang penting yaitu … .
a. tengkorak, rusuk dan tulang hasta
b. tengkorak, rusuk dan tulang belakang
c. tulang rusuk, paha dan tulang hasta
d. tulang pengumpil, betis dan tulang hasta
10. Pada saat burung terbang udara pernapasannya berasal dari ... .
a. angkasa
b. hidung
c. paru-paru
d. pundi-pundi udara
11. Bagian darah yang berguna sebagai alat pertahanan tubuh terhadap bibit penyakit adalah … .
a. eritrosit
b. leukosit
c. trombosit
d. plasma darah
12. Yang bukan merupakan fungsi zat makanan adalah sebagai zat … .
a. pengatur
b. pelindung
c. pembangun
d. tenaga
13. Zat yang berguna untuk mencegah penyakit gondok adalah … .
a. zat yodium
b. zat kapur
c. zat besi
d. zat tepung
14. Jenis kelainan tulang belakang seperti tampak pada gambar disebut ... .
| A. scoliosis B. kifosis C. lordosis D. stiff | 
 | 
15. Peristiwa menguap terjadi pada saat … .
a. permukaan luar gelas yang berisi air basah
b. es batu terkena panas
c. air dipanaskan terus-menerus
d. kamper berada di udara terbuka
16. Salah satu contoh peristiwa penyubliman antara lain …
a. keringnya baju yang basah
b. berkurangnya air yang direbus
c. menguapnya kapur barus
d. mencairnya gunung es
17. Peristiwa yang terjadi pada coklat yang kita letakkan terbuka pada tempat yang panas adalah ... .
a. menguap
b. menyublim
c. meleleh
d. membeku
18. Pada waktu penyetruman aki terjadi perubahan energi, dari energi … .
a. kimia menjadi energi listrik
b. listrik menjadi energi kimia
c. gerak menjadi energi kalor
d. gerak menjadi energi listrik
19. Salah satu usaha untuk menghemat energi listrik adalah … .
a. mematikan semua lampu listrik pada malam hari
b. menyalakan lampu bila perlu
c. memasang lampu 5 watt setiap ruangan
d. tidak menggunakan lampu listrik
20. Berikut yang merupakan sumber energi alternatif adalah ... .
a. air, minyak bumi, dan bensin
b. matahari, air, dan angin
c. udara, tanah, dan solar
d. batubara, minyak bumi, dan gas bumi
21. Pengertian gaya dalam kehidupan sehari-hari adalah …
a. kemampuan melakukan kerja
b. gerakan suatu benda
c. gaya orang berjalan
d. tarikan dan dorongan
22. Gaya yang bekerja pada saat kita berlari-lari adalah gaya ... .
a. pegas
b. otot
c. gravitasi
d. gesek
23. Berikut ini yang berupakan sumber energi listrik,kecuali adalah ....
a. Generator
b. Aki
c. Transistor
d. Dinamo
24.
25. Salah satu sifat cahaya yang terjadi pada gambar di bawah adalah ....

a. benda bening memantulkan cahaya
b. cahaya merambat lurus
c. cahaya dapat dibiaskan benda bening
d. benda bening menyerap cahaya
26.
27. Sumber daya alam berikut yang dapat diperbaiki adalah … .
a. hewan, tanaman, gas
b. air, angin, dan matahari
c. tanaman, air dan minyak tanah
d. bensin, solar, dan gas
28. Penebangan hutan sembarangan dan pembakaran hutan menyebabkan terjadinya peristiwa sebagai berikut, kecuali … .
A. tanah sangat subur karena banyak abu
B. erosi besar-besaran
C. tanah longsor
D. bahaya banjir
29. Perusakan terumbu karang akan merusak ekosistem … .
A. perkebunan
B. waduk
C. laut
D. hutan
30. Tempat untuk melestarikan hewan langka agar tidak punah disebut … .
a. cagar alam
b. suaka margasatwa
c. taman hewan langka
d. kebun binatang
31. Tata surya adalah … .
a. matahari dan benda-benda di angkasa
b. matahari dan planet-planet yang mengelilinginya
c. matahari, bulan dan bumi
d. matahari, dan bintang-bintang di angkasa
32. Bintang fajar atau bintang senja adalah sebutan planet … .
| A. Pluto B. Venus 
 | C. Uranus D. Yupiter 
 | 
33. Secara berturut-turut 3 planet setelah bumi adalah ... .
a. Yupiter, Saturnus, Mars
b. Mars, Saturnus, Yupiter
c. Saturnus, Mars, Yupiter
d. Mars, Yupiter, Saturnus
34. Berikut ini merupakan satelit alam dari planet Mars adalah ... .
a. phobos dan deimos
b. phobos dan charon
c. despina dan deimos
d. charon dan deimos
35. Kandungan gas terbanyak yang ada di planet bumi adalah ....
a. Oksigen
b. Karbondioksida
c. Karbohidrat
d. Nitrogen
36. Suhu permukaan matahari kurang lebih … .
a. 9000 derajat celcius
b. 8000 deraiat celcius
c. 7000 derajat celcius
d. 6000 derajat celcius
37. Terjadinya siang dan malam merupakan akibat dari peristiwa … .
a. bumi berputar pada porosnya
b. bumi beredar mengelilingi matahari
c. bulan berputar mengelilingi bumi
d. bulan berputar mengelilingi matahari
38. Revolusi bumi mengakibatkan terjadinya perubahan … di daerah kutub.
a. cuaca
b. pola hidup
c. panas matahari
d. musim
39. Peristiwa gerhana matahari ditunjukkan oleh gambar … .
| A. | 
 | 
| B. | 
 | 
| C. | 
 | 
| D. | 
 | 
40. Tahun masehi perhitungannya didasarkan pada ... .
a. kala revolusi bulan
b. tahun kabisat
c. kala revolusi bumi
d. rotasi bulan
Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling tepat !
1. Di bawah ini adalah ciri-ciri makhluk hidup, KECUALI .... .
a. membuang kotoran
b. berkembang biak
c. menanggapi rangsang
d. istirahat sewaktu lelah
2. Perhatikan tabel!
1. padi 4. mangga
2. tebu 5. rambutan
3. pisang 6. jambu
Berdasarkan tabel di atas tumbuhan yang dapat berkembang biak dengan cara generatif ditunjukkan angka .... .
a. 1,2,3
b. 1,3,5
c. 2,4,6
d. 4,5,6
3. Perhatikan gambar!

Beberapa ciri khusus yang dimiliki hewan seperti tampak pada gambar , KECUALI ... .
a. tidur menggantung
b. terbang di waktu malam
c. mencari makan di waktu siang
d. sayapnya terbentuk dari kulit yang tipis
4. Dilihat dari cara makan kucing tergolong hewan ...
a. herbivora
b. karnivora
c. omnivora
d. insektivora
5. Suaka margasatwa Tanjung Puting Kalimantan Timur untuk melestarikan hewan ... .
a. rusa bertanduk
b. harimau loreng
c. orang hutan
d. banteng merah
6. Untuk mengembangbiakan tanaman seperti tampak pada gambar, bagian tumbuhan yang ditanam adalah ... .

a. bijinya
b. umbinya
c. batang yang ada akarnya
d. batang tanpa akar
7. Agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dilakukan kegiatan ... .
a. memberi air sebanyak-banyaknya
b. menjauhkan tanaman dari sinar matahari
c. memotong ranting yang muda
d. memupuk dengan teratur
8. Hewan di bawah ini yang merupakan musuh petani ditunjukkan oleh gambar ... .
| a. | 
 | c. | 
 | 
| b. | 
 | d. | 
 | 
9. Posisi duduk seperti tampak pada gambar akan mengakibatkan kelainan tulang .... .
| 
 | a. Lordosis b. Kiposis c. Skoliosis d. osteoporosis 
 | 
10. Alat pernapasan hewan seperti tampak pada gambar ditunjukkan oleh angka ... .

a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
11. Bagian akar yang berguna untuk menyerap mineral tanah adalah .... .
a. buluh akar
b. ujung akar
c. cabang akar
d. pangkal akar
12. Orang yang kekurangan sel darah putih dalam tubuhnya akan menderita penyakit ... .
a. leukemia
b. anemia
c. hemofilia
d. hernia
13. Rakhitis adalah jenis penyakit yang menyerang organ tubuh ... .
a. hati
b. paru-paru
c. tulang
d. kulit
14. Terjadinya butiran-butiran es merupakan peristiwa ... .
a. pembekuan
b. pengembunan
c. penyubliman
d. penghabluran
15. Perhatiakn data!
1. gandum 4. gula pasir
2. gamping 5. kecap
3.tanah liat 6. vetsin
Berdasarkan data tersebut benda yang larut dalam air ditujukkan oleh angka .... .
a. 1,2,3
b. 1,3,5
c. 4,5,6
d. 2,4,6
16. Salah satu sifat benda padat antara lain ... .
a. sesuai dengan tempatnya
b. dapat memuai jika dipanaskan
c. dapat berpindah tempat
d. bentuknya tetap
17. Salah satu contoh benda yang mengalami perubahan wujud kembali ke bentuk semula adalah .... .
a. lilin yang dibakar
b. kayu yang dibakar
c. besi yang dibakar
d. ketela yang direbus
18. Pelapukan kayu dapat dicegah dengan cara ... .
a. menggosok sampai halus
b. melapisi dengan cat
c. mencuci dengan air bersih
d. menyimpan pada tempat yang kering
19. Sumber energi listrik yang menghasilkan tegangan paling besar adaalah ... .
a. akumulator
b. batu batery
c. dinamo sepeda
d. generator
20. Alat untuk menyambung dan memutus arus listrik disebut .... .
a. stater
b. saklar
c. sekering
d. stop kontak
21. Benda yang memiliki energi potensial pegas antara lain .... .
a. air terjun dalam bendungan
b. udara yang bergerak
c. karet yang direntangkan
d. mobil yang ditarik
22. Energi air terjun dapat dimanfaatkan untuk ... .
a. mengairi lahan pertanian
b. mengolah limbah industri
c. pembangkit tenaga listrik
d. alat transfortasi
23. Pernyataan yang sesuai dengan gambar di bawah adalah ... .

a. titik kuasa terletak antara tumpu dan beban
b. titik beban terletak antara kuasa dan tumpu
c. titik tumpu terletak antara beban dan kuasa
d. fulkrum terletak antara tumpu dan kuasa
24. Sumber daya alam di bawah ini termasuk tidak dapat diperbarui, KECUALI ... .
a. minyak bumi
b. udara
c. tembaga
d. batuan
25. Salah satu sifat cahaya yang terjadi pada gambar di bawah adalah ....

a. benda bening memantulkan cahaya
b. cahaya merambat lurus
c. cahaya dapat dibiaskan benda bening
d. benda bening menyerap cahaya
26. Di bawah ini yang termasuk sumber daya alam fosil adalah ... .
a. Batu bara
b. Batu marmer
c. Batu obsidian
d. Batu granit
27. Bintang senja adalah sebutan dari planet .... .
a. merkurius
b. venus
c. mars
d. yupiter
28. Terjadinya siang dan malam merupakan akibat dari .... .
a. revolusi matahari dari timur ke barat
b. revolusi bumi dari barat ke timur
c. rotasi bumi dari barat ke timur
d. rotasi matahari dari timur ke barat
29. Kalender masehi disusun berdasarkan... .
a. rotasi bumi terhadap matahari
b. rotasi bulan terhadap bumi
c. revolusi bumi terhadap matahari
d. revolusi bulan terhadap bumi
30. Orang yang ahli menyelidiki angkasa luar disebut .... .
a. astronot
b. astrologi
c. astronomi
d. astronom
 MIPA CLASS
MIPA CLASS
ILMU PENGETAHUAN ALAM
 
 
Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling tepat !
a. udara menempati ruangan
b. udara menekan kesegala arah
c. udara selalu berubah-ubah
d. udara mengembang bila dipanaskan
a. mengecilkan ekornya
b. menggerakkan ekornya
c. memutuskan ekornya
d. mengganti ekornya
a. dekat dan jelas
b. jauh dan jelas
c. besar dan jelas
d. kecil dan jelas
a. hutan lindung
b. suaka mergasatwa
c. cagar alam
d. suaka alam
a. alat angkutan
b. pembangkit listrik
c. pengairan sawah
d. pemeliharaan ikan
a. meresap melalui celah kecil
b. permukaanya selalu mendatar
c. dapat melarutkan berbagi zat
d. akan berubah wujud jika dipanaskan
a. energi gerak
b. energi panas
c. energi cahaya
d. energi kimia
a. kelinci
b. angsa
c. penyu
d. kelelawar
a. skop
b. pemecah kemiri
c. energi cahaya
d. timbangan
a. gaya pegas
b. gaya gosok
c. gaya otot
d. gaya gravitasi
a. lampu listrik dan kompor listrik
b. bel listrik dan pesawat telfon
c. kipas listrik dan setrika listrik
d. kompor listrik dan bel listrik
a. tembaga dan besi
b. plastik dan kaca
c. kaca dan porselen
d. karton dan kain
a. membuat lampu listrik
b. membuat setrika listrik
c. membuat dinamo sepeda
d. membuat kicir angin
a. perputaran bumi pada porosnya
b. perputaran matahri pada porosnya
c. perputaran bumi mengelilingi matahari
d. perputaran matahari mengelilingi matahari
a. plastik
b. grafit
c. kayu
d. alumunium
a. harimau
b. kuda
c. beruang
d. singa
a. Matahari dan Bumi
b. Matahari dan Venus
c. Bumi dan Mars
d. Bumi dan Merkurius
a. kaki gajah
b. beri-beri
c. sariawan
d. rabun ayam
Padi – tikus – ular – burung elang
Pada rantai makanan diatas, tikus merupakan…
a. konsumen kesatu
b. konsumen kedua
c. konsumen ketiga
d. konsumen keempat
a. karton dan kain
b. porselen dan ebonit
c. plastik dan kertas
d. paku dan silet
a. kipas angin
b. dinamo sepeda
c. kompor listrik
d. bor listrik
a. Uranus
b. Merkurius
c. Mars
d. Venus
a. batu bara
b. gas alam
c. minyak bumi
d. minyak pelumas
a. emas dan baja
b. minyak bumi dan batu bara
c. tumbuhan dan hewan
d. batubara dan besi
a. pemakan biji
b. pemakan buah
c. pemakan daging
d. pemakan ikan
a. oksigen
b. karbindioksida
c. nitrogen
d. hitrogen
a. katak, belalang, wereng dan burung
b. burung, harimau, kera dan kancil
c. kambing, kerbau, kuda dan bekicot
d. ayam, itik, kambing dan kumbang
a. umbi lapis
b. stek batang
c. akar tinggal
d. biji
a. kucing
b. kadal
c. katak
d.      ayam
 
 
a. kera dan harimau
b. daun-dauanan dan rumput-rumputan
c. umbi-umbian dan akar-akaran
d. badak dan kijang
 MIPA CLASS
MIPA CLASS
ILMU PENGETAHUAN ALAM
 
 
Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling tepat !
a. kaca dan karet
b. karet dan alumunium
c. besi dan baja
d. baja dan kayu
a. karbohidrat
b. lemak
c. protein
d. vitamin
a. kering
b. basah
c. dingin
d. lembab
a. kupu-kupu
b. ular gurun
c. lebah gurun
d. lebah madu
a. pertumbuhan kaki cepat
b. suara membesar
c. dada mulai bidang
d. payudara tumbuh besar
a. putik dan serbuk sari
b. benang sari dan lembaga
c. mahkota bunga dan putik
d. tangkai sari dan mahkota bunga
a. plastik, kayu dan besi
b. alumunium, besi dan perak
c. kayu, plastik dan kaca
d. alumunium, kuningan dan plastic
a. radiasi
b. konduksi
c. konveksi
d. isolator
a. barometer
b. higrometer
c. termometer
d. amperemeter
a. vivipar
b. ovivar
c. ovivipar
d. ovovivipar
a. perkembangbiakan
b. penyerbukan
c. adaptasi
d. okulasi
a. mencegah bau tak sedap
b. mencegah gejala influenza
c. menyaring udara yang dihirup
d. mencegah masuknya kuman
a. leukimia
b. hemoglobin
c. ras
d. pigmen
a. kedua ujung paku diikat dengan kabel, kemudian kedua ujung kabel dihubungkan dengan kabel
b. paku diikat dengan kabel secara teratur, kedua ujung kabel dihubungkan pada kutub positif baterai
c. paku diikatkan dengan kabel secara teratur, kemudian kedua ujung kabel dihubungkan dengan baterai, ujung kabel yang satu pada kutub positif, ujung kabel yang lain pada kutub negatif
d. ujung paku diikat dengan kabel, kemudian dihubungkan dengan salah satu kutub baterai
a. kentang
b. pisang
c. bawang merah
d. padi
a. bertelur
b. melahirkan
c. membelah diri
d. bertelur dan melahirkan
a. adaptasi
b. akomodasi
c. iritabilitas
d. respirasi
a. ulat→kepompong→telur→kupu-kupu
b. kupu-kupu→ulat→kepompong→telur
c. telur→ulat→kepompong→kupu-kupu
d. telur→kepompong→ulat→kupu-kupu
1. menimba air menggunakan katrol
2. memukul bola kasti
3. lomba tarik tambang
4. menyepak bola
Kegiatan yang merupakan gaya tarikan yaitu …
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 3 dan 4
a. konveksi, aliran, dan pancaran
b. konduksi, hantaran, dan radiasi
c. radiasi, pancaran, dan konduksi
d. radiasi, konduksi, konveksi
21. Tindakan-tindakan yang merusak lingkungan dan perlu dihindari, kecuali ... .
a. pembakaran hutan
b. penebangan liar
c. reboisasi
d. ladang berpindah-pindah
a. nelayan lebih mudah menangkap ikan
b. hewan dasar laut kesulitan mencari makan
c. mempermudah mencari makan bagi hewan dasar laut
d. jenis ikan di dasar laut semakin banyak
a. putih
b. hitam
c. hijau
d. ungu
a. akar
b. daun
c. kayunya
d. bijinya
a. pembuangan di laut
b. daur ulang
c. masak
d. endapkan
a. lemak dan tulangnya
b. darah dan daging
c. daging dan sirip
d. tulang dan ekornya
a. ayam dan itik
b. sapi dan gajah
c. kerbau dan kambing
d. harimau dan ular
a. kipas
b. dinding / papan
c. tas
d. sepatu
a. mendirikan pabrik obat-obatan
b. menganjurkan setiap keluarga menanamnya
c. menjualbelikan di pasar
d. tidak menggunakan supaya tumbuh subur
a. air dan udara
b. tanah dan tumbuhan
c. air dan tanah
d. hewan dan tumbuhan
 MIPA CLASS
MIPA CLASS
ILMU PENGETAHUAN ALAM
 
 
Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling tepat !
a. udara menempati ruangan
b. udara menekan kesegala arah
c. udara selalu berubah-ubah
d. udara mengembang bila dipanaskan
a. mengecilkan ekornya
b. menggerakkan ekornya
c. memutuskan ekornya
d. mengganti ekornya
a. dekat dan jelas
b. jauh dan jelas
c. besar dan jelas
d. kecil dan jelas
a. hutan lindung
b. suaka mergasatwa
c. cagar alam
d. suaka alam
a. alat angkutan
b. pembangkit listrik
c. pengairan sawah
d. pemeliharaan ikan
a. meresap melalui celah kecil
b. permukaanya selalu mendatar
c. dapat melarutkan berbagi zat
d. akan berubah wujud jika dipanaskan
a. energi gerak
b. energi panas
c. energi cahaya
d. energi kimia
a. kelinci
b. angsa
c. penyu
d. kelelawar
a. skop
b. pemecah kemiri
c. energi cahaya
d. timbangan
a. gaya pegas
b. gaya gosok
c. gaya otot
d. gaya gravitasi
a. lampu listrik dan kompor listrik
b. bel listrik dan pesawat telfon
c. kipas listrik dan setrika listrik
d. kompor listrik dan bel listrik
a. tembaga dan besi
b. plastik dan kaca
c. kaca dan porselen
d. karton dan kain
a. membuat lampu listrik
b. membuat setrika listrik
c. membuat dinamo sepeda
d. membuat kicir angin
a. perputaran bumi pada porosnya
b. perputaran matahri pada porosnya
c. perputaran bumi mengelilingi matahari
d. perputaran matahari mengelilingi matahari
a. plastik
b. grafit
c. kayu
d. alumunium
a. harimau
b. kuda
c. beruang
d. singa
a. Matahari dan Bumi
b. Matahari dan Venus
c. Bumi dan Mars
d. Bumi dan Merkurius
a. kaki gajah
b. beri-beri
c. sariawan
d. rabun ayam
Padi – tikus – ular – burung elang
Pada rantai makanan diatas, tikus merupakan…
a. konsumen kesatu
b. konsumen kedua
c. konsumen ketiga
d. konsumen keempat
a. karton dan kain
b. porselen dan ebonit
c. plastik dan kertas
d. paku dan silet
a. kipas angin
b. dinamo sepeda
c. kompor listrik
d. bor listrik
a. Uranus
b. Merkurius
c. Mars
d. Venus
a. batu bara
b. gas alam
c. minyak bumi
d. minyak pelumas
a. emas dan baja
b. minyak bumi dan batu bara
c. tumbuhan dan hewan
d. batubara dan besi
a. pemakan biji
b. pemakan buah
c. pemakan daging
d. pemakan ikan
a. oksigen
b. karbindioksida
c. nitrogen
d. hitrogen
a. katak, belalang, wereng dan burung
b. burung, harimau, kera dan kancil
c. kambing, kerbau, kuda dan bekicot
d. ayam, itik, kambing dan kumbang
a. umbi lapis
b. stek batang
c. akar tinggal
d. biji
a. kucing
b. kadal
c. katak
d.      ayam
 
 
a. kera dan harimau
b. daun-dauanan dan rumput-rumputan
c. umbi-umbian dan akar-akaran
d. badak dan kijang
KUALITAS PENDIDIKAN
Dalam konsep yang lebih luas, kualitas pendidikan mempunyai makna sebagai suatu kadar proses dan hasil pendidikan secara keseluruhan. Kualitas pendidikan yang menyangkut proses dan atau hasil ditetapkan sesuai dengan pendekatan dan kriteria tertentu.
Faktor-faktor yang menentukan kualitas proses pendidikan suatu sekolah adalah terletak pada unsur-unsur dinamis:
1. Guru, berada di garis terdepan yaitu guru. “No teacher no education, no education no economic and social development
Guru Berkarakter, Guru yang berkarakter adalah guru yang mempunyai prinsip hidup  dan perenungannya  dan kebebasan dalam berkreasi. Dengan prinsip yang  hidup yang dihasilkan dari pencarian dan perenungan, seorang guru mempunyai kepercayaan diri dalam membimbing dan mendidik peserta didik sesuai dengan  perkembangan dan kemampuannya. Dengan kebebasan berkreasi, guru diharapkan dapat mengembangkan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif, kreatif, dan inovatif sehingga potensi siswa berkembang secara maksimal.
Guru bekarakter akan berusaha menciptkan iklim belajar yang efektif dan menyenangkan, dengan kreativitas metode pembelajaran, untuk mengurangi kejenuhan dan menyesuaikan dengan konteks pembelajaran sehingga tumbuh kegairahan dan motivasi instrinsik dan ekstrinsik.Dengan karakter positif yang ditunjukkan guru, diharapkan pelanggaran disipilin berkurang; siswa berperilaku wajar, percaya diri, dan tidak sombong; dan persaingan sehat antarsiswa, kelas, dan guru tumbuh di lingkungan sekolah atau lembaga pendidikan.Itulah pentingnya guru berkarakter bagi pembentukan karakter generasi muda.
Guru menjadi titik sentral dan awal dari semua pembangunan pendidikan. Di Indonesia guru masih belum mendapatkan posisi yang seharusnya dalam kebijakan dan program-program pendidikan. Saatnya kini membuat kebijakan dengan paradigma baru yaitu membangun pendidikan dengan memulainya dari subyek “guru”. Tanpa itu semua dikhawatirkan mutu pendidikan tidak sampai pada cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pengembangan sumber daya manusia.
Dalam kenyataan, guru belum memperoleh haknya untuk dapat mengajar secara profesional dan efektif, Hal itu tercermin dari kondisi saat ini yang mencakup jumlah yang kurang sehingga harus bekerja melebihi lingkup tugasnya, mutu yang belum sesuai dengan tuntutan, distribusi yang kurang merata, kesejahteraan yang amat tidak menunjang, dan manajemen yang tidak kondusif.
Dalam konteks yang lebih luas, hasil pendidikan mencakup tiga jenjang yaitu: produk, efek, dan dampak
efek”, adalah perubahan lebih lanjut terhadap keseluruhan kepribadian peserta didik sebagai akibat perolehan produk dari proses pendidikan (pembelajaran) dari satu periode tertentu.
dampak”, adalah berupa pengaruh lebih lanjut hasil pendidikan berupa produk dan efek yang diperoleh peserta didik terhadap kondisi dan lingkungannya baik di dalam keluarga ataupun masyarakat secara keseluruhan.
Peran guru di sekolah
Dalam keseluruhan kegiatan pendidikan di tingkat operasional, guru merupakan penentu keberhasilan pendidikan melalui kinerjanya pada tingkat institusional, instruksional, dan eksperiensial.. Sebagai pelatih (coaches), guru memberikan peluang yang sebesar-besarnya bagi peserta didik untuk mengembangkan cara-cara pembelajarannya sendiri sebagai latihan untuk mencapai hasil pembelajaran optimal.. Sebagai konselor, guru menciptakan satu situasi interaksi di mana peserta didik melakukan perilaku pembelajaran dalam suasana psikologis yang kondusif dengan memperhatikan kondisi setiap peserta didik dan membantunya ke arah perkembangan optimal. Sebagai manajer pembelajaran, guru mengelola keseluruhan kegiatan pembelajaran dengan mendinamiskan seluruh sumber-sumber penunjang pembelajaran. Sebagai partisipan, guru tidak hanya berperilaku mengajar akan tetapi juga berperilaku belajar melalui interaksinya dengan peserta didik. Sebagai pemimpin, guru menjadi seseorang yang menggerakkan peserta didik dan orang lain untuk mewujudkan perilaku pembelajaran yang efektif.. Sebagai pembelajar, guru secara terus menerus belajar dalam rangka menyegarkan kompetensinya serta meningkatkan kualitas profesionalnya. Sebagai pengarang, guru secara kreatif dan inovatif menghasilkan berbagai karya yang akan digunakan untuk melaksanakan tugasnya.
MASALAH DAN KENDALA
1. Kuantitas, kualitas, dan distribusi.
2. Kesejahteraan.
Dari segi keadilan kesejahteraan guru, masih ada beberapa kesenjangan yang dirasakan sebagai perlakuan diskriminatif para guru. Di antaranya adalah: (1) kesenjangan antara guru dengan PNS lainnya, serta dengan para birokratnya, (2) kesenjangan antara guru dengan dosen, (3) kesenjangan guru menurut jenjang dan jenis pendidikan, misalnya antara guru SD dengan guru SLTP dan Sekolah Menengah, (4) kesenjangan antara guru pegawai negeri yang digaji oleh negara, dengan guru swasta yang digaji oleh pihak swasta, (5) kesenjangan antara guru pegawai tetap dengan guru tidak tetap atau honorer, (6) kesenjangan antara guru yang bertugas di kota-kota dengan guru-guru yang berada di pedesaan atau daerah terpencil, (7) kesenjangan karena beban tugas, yaitu ada guru yang beban mengajarnya ringan tetapi di lain pihak ada yang beban tugasnya banyak (misalnya di sekolah yang kekurangan guru) akan tetapi imbalannya sama saja atau lebih sedikit. Kesejahteraan mencakup aspek imbal jasa, rasa aman, kondisi kerja, hubungan antar pribadi, dan pengembangan karir, ditambah lagi lingkungan sekolah yang kurang mendukung, baik warga sekolah khususnya wali murid yang selalu menuntut yang lebih padahal semua di lakukan dengan semaksimal mungkin,lebih lebih orang tua yang mengharapkan lebih tetapi tidak berpikir panjang..
Semua menjadi kendala seorang Guru untuk Berkarya, apalagi wali murid yang terlalu ikut campur tangan tanpa wawasan yang di milikinya dan penghargaan yang diberikannya ini semua menjadi kendala, yang perlu segera di selesaikan bersama
Pemerintah sebagai Central kebijakan, Pempinan sekolah sebagai pelaksana kebijakan, Guru sebagai praktisi pendidikan, siswa sebagai objek/subjek pendidikan dan Wali murid sebagai Pendukung pendidikan harus saling bersinergis, saya yakin semua harap ini akan tergapai.AMIN
3. Manajemen guru
4. Penghargaan terhadap guru
5. Pendidikan guru
Yahya8484@ymail.com
Jadwal MotoGP 2011
pergelaran balap motor paling digemari yakni motoGP 2011 ternyata sudah mengeluarkan jadwal sementara, dimana kita bisa melihat kiprah valentino Rossi bersama ducati dalam motogp 2011 ini, dan seperti balapan sebelumnya dimana dalam jadwal motoGP 2011 ini Ada 18 tempat. dimulai dengan balapan malam hari di Qatar pada 20 Maret 2011 serta Valencia jadi tempat race Penutup pada , 6 November 2011.
Balapan MotoGP Spanyol bakal digelar di Jerez 3 April, Barcelona 5 Juni dan tentu saja Aragon 18 September tahun depan. Berikut ini Jadwal MotoGP 2011 selengkapnya
| No | Tanggal | Seri | Sirkuit | Juara | 
| 1 | Minggu, 20/03/2011 | MotoGP Qatar | Losail | |
| 2 | Minggu, 03/04/2011 | MotoGP Jerez | Jerez | |
| 3 | Minggu, 01/05/2011 | MotoGP Portugal | Estoril | |
| 4 | Minggu, 15/05/2011 | MotoGP Prancis | LeMans | |
| 5 | Minggu, 05/06/2011 | MotoGP Catalunya | Catalunya | |
| 6 | Sabtu, 12/06/2011 | MotoGP Inggris Raya | Silverstone | |
| 7 | Sabtu, 25/06/2011 | MotoGP Belanda | Assen | |
| 8 | Minggu, 03/07/2011 | MotoGP Italia | Mugello | |
| 9 | Minggu, 11/07/2011 | MotoGPJerman | Sachsenring | |
| 10 | Minggu, 24/07/2011 | MotoGP AS | Laguna Seca | |
| 11 | Minggu, 14/08/2011 | MotoGP Republik Ceko | Brno | |
| 12 | Minggu, 28/082011 | MotoGP Indianapolis | Indianapolis | |
| 13 | Minggu, 04/09/2011 | MotoGP San Marino | Misano | |
| 14 | Minggu, 18/09/2011 | MotoGP Aragon | Aragon | |
| 15 | Minggu, 2/10/2011 | MotoGP Jepang | Motegi | |
| 16 | Minggu, 16/10/2011 | MotoGP Australia | Philip Island | |
| 17 | Minggu, 23/10/2011 | MotoGP Malaysia | Sepang | |
| 18 | Minggu, 06/11/2011 | MotoGP Valencia | Valencia | 
Jadwal Moto GP 2011 ini baru bersifat sementara, Jika ada perubahan akan segera saya sesuaikan dengan jadwal moto GP terbaru yang di keluarkan oleh Federasi Balap Motor Internasional (FIM), Untuk jadwal siaran langsung MotoGP 2011 kita tunggu saja di Trans 7 yang biasanya menayakangkan balapan moto gp ini
Studi Ilmiah ke Robotic Explorer_Thamrin City
Bismillahirahman niraahim, kami niatkan setiap sebelum melangkah beraktivitas
Semangat pagi...(Triak kami dengan keras, menyambut siswa/i kami)
Semangat pagi (siswa/i ku berteriak mengulangi dengan penuh semangat)
Tepuk MIPA CLASS...
Matematika (puk..puk..puk..puk)
IPA (puk..puk..puk..puk)
T..O..P.. Baaaannnnnnngggggggeeeet
Dengan penuh suka cita dan kebahagiaan kami lihat dirawut wajah siswa/i kami,ada apakah gerangan..? ooh..ternyata siswa/i MIPA CLASS mau pergi ke Robotic explorer _Thamrin City (satu-satunya di dunia tempat menyalurkan dan mengembangkan minat kita dalam hal Robot,programing komputer dst).
MIPA CLASS adalah salah satu wadah bina prestasi untuk siswa/i yang mempunyai kompetensi tinggi di bidang Matematika dan IPA dan juga yang terpenting mempunyai kemauan untuk ikut,untuk maju dan berkembang...
MIPA CLASS Mempunyai banyak kegiatan untuk memacu siswa/i agar lebih maju dan berkembang khususnya di bidang Matematika dan IPA dengan cara yang menyenangkan,inovatif,kreatif dan berakhlakul karimah salah satunya kegiatan Study Ilmiah yang kami selenggarakan pada haru sabtu, ke Robotic explorer_Thamrin City dengan kegiatan ini kami harapkan siswa/i kami bukan hanya sekedar tahu itu robot, tetapi mereka benar - benar memahami, karena di sana siswa/i dapat melihat, merakit, memprogram dan mengoperasikan secara langsung Robot itu dan kami juga memberikan refleksi dari setiap kegiatan dengan maksud agar siswa/i kita semakin dekat dengan penciptaNYA..ALLOH S.W.T seperti contoh dalam kegitan robotic ini, kami mengilustrasikan sejangih-janggihnya Robot tetap masih banyak kelemahan, masih harus ada operator yaitu manusia dst.
Mudah-mudahan tahun berikutnya MIPA CLASS bisa lebih baik lagi,dengan kerjasama kita yang sinergis.AMIN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar