Senin, 05 Maret 2012

SOAL LATIHAN IPA (UB)


SOAL LATIHAN ULANGAN BERSAMA SEMESTER II


1.          pa arti dari angka 1,5 V dan 1A pada baterai ......
2.          Avometer merupakan alat untuk mengetahui .....
3.          Pengaman yang digunakan untuk mencegah kebakaran pada arus listrik disebut .....
4.          Terjadinya persentuhan antara kawat listrik dari kawat positif dengan kawat listrik dari kutub negatif menimbulkan ....
5.          Waktu yang diperlukan untuk mengelilingi matahari sekali putaran disebut ....
6.          Perhitungan tahun masehi/syamsiah didasarkan pada ....
7.             Jelaskan yang dimaksud dengan konduksi, konveksi dan radiasi? Berikan  contoh peristiwanya!
Jawab : _____________________________________________________________________________

8.            Bagaimana cara mengurangi gaya gesekan pada mesin mobil ?
Jawab : _____________________________________________________________________________
9.            Sebutkan nama alat, satuan dan lambangnya!
No
Nama
Alat Pengukur
Satuan
Lambang
1
Kuat arus listrik



2
Tegangan listrik



3
Hambatan listrik




10.        Tuliskan 3 dari akibat rotasi bumi !
Jawab : 1. ______________________________________________________________________
               2. ______________________________________________________________________
                        3. ______________________________________________________________________

Mata Pelajaran            :  PKN                                                NILAI  :
Kelas                           :  VI   SD       
Waktu                         : 
Hari/Tanggal               : 
 

I.                   Lingkaran huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang paling tepat !

1.     Contoh peran Indonesia dalam bidang sosial budaya di kawasan negara-negara Asia Tenggara, kecuali … .
a.       aktif mendukung pelaksanaan perta olah raga ASEAN
b.      aktif berpartisipasi dalam memerangi terorisme
c.       aktif dalam membantu evakuasi perang di Asia Tenggara
d.      aktif mendukung menuju kawasan bebas
2.     Bentuk kerja sama negara-negara Asia Tenggara dalam bidang politik adalah … .
a.       pengiriman tenaga kerja ke Asia Tenggara
b.      pertukaran pelajar dan misi kebudayaan
c.       pengiriman duta dan konsul
d.      pengiriman pasukan keamanan ke negara lain
3.     Berikut ini merupakan salah satu tujuan politik luar negeri yang bebas aktif, kecuali … .
a.       membentuk masyarakat Indonesia yang bebas bergaul dengan bangsa-bangsa di dunia
b.      membentuk masyarakat Indonesia yang bersahabat di kawasan ASEAN
c.       membentuk masyarakat dunia yang demokratis, adil, dan makmur dalam wadah NKRI
d.      membentuk masyarakat dunia yang demokratis, adil, dan makmur dalam kawasan global
4.     Peran penting Indonesia dalam Gerakan Non Blok adalah sebagai negara ….
a.       pendiri
b.      perintis
c.       pendorong
d.      pendukung
5.     Peran Indonesia dalam ASEAN antara lain …..
a.     sebagai pendorong berdirinya ASEAN
b.     sebagai perintis berdirinya ASEAN
c.     sebagai pemrakarsa berdirinya ASEAN
d.     sebagai pendamping  berdirinya ASEAN
6.     Kerjasama negara-negara di kawasan asia tenggara sangat diperlukan untuk ....
a.     meningkatkan kerjasama  ekonomi
b.     membentuk blok pertahanan
c.     membentengi pengaruh liberalisme
d.     meningkatkan perlawanan terhadap penjajah
7.     Adanya proses Globalisasi menyebabkan dunia menjadi kecil dan dekat, maksudnya ....
a.     dunia tanpa batas
b.     peristiwa dunia cepat diketahui
c.     terungkapnya berbagai kejahatan
d.     batas geografis menjadi hambatan
8.     Pengaruh buruk Era globalisasi anatara lain ....
a.     meningkatnya teknologi yang mengancam jiwa manusia
b.     masuknya pengaruh asing yang tidak sesuai dengan budaya bangsa
c.     menambah wawasan dan IPTEK bagi bangsa Indonesia
d.     cepat diterima kejadian di tempat lain
9.     Hal yang menghambat kerjasama antar negara antara lain ....
a.     persamaan kepentingan antar bangsa
b.     perbedaan kepentingan nasionalnya
c.     kesadaran bekerjasama saling menguntungkan
d.     kesadaran hidup berdampingan dalam kawasan
10.  Manfaat bekerjasama dengan negara tetangga antara lain ....
a.     mendapat pujian dari negara lain
b.     meningkatkan kemampuan ekonomi
c.     meningkatkan pinjaman luar negeri
d.     terjadinya devisa negara indonesia
11.  Kerjasama negara-negara ASEAN dapat terwujud karena
a.     kesadaran hidup bertetangga
b.     inggin mendapatkan keuntungan berlipat
c.     mendapat tekanan dari internasional
d.     saling mengikat perjanjian.
12.  Organisasi ASEAN secara resmi berdiri pada tanggal ....
a.     8 agustus 1967
b.     10 agustus 1967
c.     17 agustus 1967
d.     18 agustus 1967
13.  Kelima tokoh ASEAN yang menandatangani kesepakatan yang dikenal dengan ....
a.     Piagam Jakarta
b.     Preambule
c.     Deklarasi Bangkok
d.     Sumpah Pemuda
14.  Sampai sekarang anggota ASEAN berjumlah ....
a.     5 negara
b.     8 negara
c.     10 negara
d.     12 negara
15.  Keanggotaan ASEAN bersifat ....
a.     memaksa
b.     terikat
c.     wajib
d.     bebas dan sukarela
16.  KTT pertama ASEAN di selenggarakan di ....
a.     Kuala Lumpur
b.     Bali
c.     Singapura
d.     Bangkok
17.  Dalam menghadapi tantangan dimasa mendatang yang semakin menglobal ASEAN menetapkan ....
a.     Deklarasi bangkok
b.     Perjanjian persahabatan dan kerjasama
c.     Deklarasi ZOFFAN
d.     Visi ASEAN 2020
18.  Anggota ASEAN yang ke-10 adalah negara ....
a.     Laos
b.     Kamboja
c.     Myanmar
d.     Vietnam
19.  Menteri luar negeri yang ikut serta menandatangani Deklarasi Bangkok ádalah….
a.     H. Adam Malik
b.     H.R. Darsono
c.     Ir. Soekarno
d.     Jend. Soeharto
20.   Pertukaran pelajar antara negara ASEAN merupakan bentuk kerjasama bidang ….
a.     sosial budaya
b.     sosial politik
c.     ekonomi dan politik
d.     budaza dan pertahanan
21.  Hubungan diplomatik antar negara ditandai dengan adanya pertukaran ….
a.     kebudayaan
b.     diplomatik
c.     konsulat jendral
d.     duta besar
22.  Departemen luar negeri dipimpin salah seorang ....
a.     gubernur jendral
b.     sekretaris jendral
c.     direktorat jendral
d.     menteri luar negeri
23.  Tugas negara termaktub di dalam ….
a.     Pembukaan UUD’45 alenia 1
b.     Pembukaan UUD’45 alenia 2
c.     Pembukaan UUD’45 alenia 3
d.     Pembukaan UUD’45 alenia 4
24.  Indonesia berperan sebagai fasilitas di negara Philipina ketika terjadi perselisihan antara ...
a.     pemerintahan Phlipina dengan suku Moro
b.     pemerintahan philipina dengan MNLP
c.     pemerintahan philipina dengan Front Pembebasan Muslim Moro
d.     pemerintahan philipina separatisme di Manila
25.  Indonesia tertarik menyelesaikan perselisihan di kamboja karena .....
a.     agar mendapatkan pujian bangsa lain
b.     untuk menunjukkan kemampuan bangsa Indonesia
c.     Indonesia negara cinta damai
d.     Merasa kasihan atas sengketa yang terjadi
26.  Peran Indonesia dalam perdamaian di kamboja adalah ....
a.     sebagai pemrakarsa Jakarta Informal Meeting
b.     sebagai penganjur Jakarta Informal Meeting
c.     sebagai pendiri Jakarta Informal Meeting
d.     sebagai pelaksana Jakarta Informal Meeting
27.  Indonesia menyetujui dan memprakarsai AFTA untuk ....
a.     meningkatkan daya saing produk Asia Tenggara
b.     mendapatkan penghargaan internasional
c.     melaksanakan tekanan dari negara barat
d.     meringankan beban produksi bangsa indonesia
28.  Negara Indonesia merdeka pada 17 agustus 1945 dari penjajahan ....
a.     Jepang
b.     Inggris
c.     Belanda
d.     Amerika Serikat
29.  Belanda mengakui kedaulatan Republik Indonesia setelah ditandatangani perjanjian ....
a.     Renvile
b.     Linggarjati
c.     KMB
d.     Room Royen
30.  Manfaat KAA bagi bangsa Asia Afrika adalah tumbuhnya kesadaran atas ....
a.     kemajuan
b.     kebersamaan
c.     persatuan
d.     kemerdekaan
31.  Negara yang dikenal sebagai negara adikuasa (superpower) dari blok barat adalah ....
a.     Amerika Serikat
b.     Australia
c.     Belanda
d.     Rusia
32.  Untuk berperan menciptakan perdamaian dunia, Indonesia membentuk.....
a.     pasukan Garuda
b.     pasukan Inti
c.     pasukan Perdamaian
d.     pasukan Tempur
33.  Pengiriman pasukan perdamaian Indonesia dikirim melalui ....
a.     OKI
b.     PBB
c.     WTO
d.     ASEAN
34.  Proses Globalisasi ditandai dengan pesatnya kemajuan di bidang ....
a.     kebudayaan nasional
b.     tekhnologi komunikasi
c.     peadaban dan budaya
d.     pendidikan dan kebudayaan
35.  Indoneia selalu memperjuangkan kemerdekaan Palestina melalui organisasi ...
a.     OKI
b.     ILO
c.     WTO
d.     NATO

II.                Isilah titik-titik dibawah ini dengan singkat dan tepat!

1.     Wakil dari Negara Malaysia yang ikut menandatangani Deklarasi Bangkok adalah ___________
2.     Salah satu negara ASEAN yang tidak pernah dijajah adalah _________
3.     Kerjasama mutilateral adalah _________
4.     Negara yang pertama kali menjadi anggota ASEAN adalah _________
5.     Kamboja menjadi anggota ASEAN pada __
6.     OPEC merupakan organisasi yang beranggotakan negara-negara __
7.     Politik luar negeri Indonesia adalah __
8.     Sidang para kepala negara atau kepala pemerintahan ASEAN disebut juga __
9.     Negara yang paling kaya di Asia Tenggara adalah __
10.  Indonesia diterima menjadi anggota PBB pada tanggal 28 September 1950 sebagai anggota ke __

III.             Jawablah pertanyaan berikut!

1.      Sebutkan 2 bentuk kerjasama ASEAN dibidang sosial budaya!
2.      Tuliskan 5 Menteri dan asal negaranya yang penandatangani Deklarasi Bangkok !
3.      Apa pengertian dari politik luar negeri indonesia!
a.       Bebas ……………………………………………………………………………………..
b.      Aktif ……………………………………………………………………………………
4.      Berikan 2 contoh bentuk kerjasama Multilateral?
5.      Apa yang dimaksud dengan kerjasama Regional?



KISI – KISI  PENYUSUNAN  SOAL
ULANGAN UMUM SEMESTER I 2011 / 2012

                                                                                                       
MATA PELAJARAN          :  PKn
JUMLAH SOAL                   :  50 SOAL (35 PG, 10 ISAN dan  5 Esay
WAKTU                                :  90 MENIT

NO.
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
NO. SOAL
BENTUK SOAL
KETERANGAN
(1)
(2)
(3)
4
(7)
(8)

1
Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
1.1.  Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar Negara












1.2.  Menceritakan secara singkat nilai kebersamaan dalam proses perumusan pancasila




1.3.  Meneladani niali-nilai juang para tokoh yang berperan dalam proses perumusan pancasila sebagai dasar negara dalam kehidupan sehari-hari
¨     Memahami arti lambang negara indonesia
¨     Mengetahui ketua PPKI
¨     Mengetahui  kedatangan Bangsa Protugis ke indonesia
¨     Mengetahui kapan piagam jakarta disusun
¨     Memahami modal utama pembangunan di segala Bidang di Negara Indonesia
¨     Memahami latar belakang pergerakan nasional politik yg di terapkan oleh belanda
¨     Mengetahui hari sumpah pemuda
¨     Mengetahui kepanjangan BPUPKI
¨     Mengetahui nama lain dari PPKI


¨     Memahami kegiatan yang dapat menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan di masyarakat
¨     Memahami kegiatan yang dapat menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan di sekolah
¨     Memahami akibat apabila dalam kehidupan sehari-hari ada rasa persatuan dan kesatuan
¨     Mengetahui proklamtor indonesia
¨     Mengetahui alsan pasal 1 (satu) pada piagam jakarta diubah
¨     Mengetahui isi piagam jakarta
¨     Mengetahui tokoh yang mengusulkan agar pasal 1 pada piagam jakarta diubah
¨     Memahami pembukaan UUD dan hubungannya dengan piagam jakarta
¨     Memahami sikap terpuji di dalam bermusyawarah
¨     Mengerti tentang voting
¨     Memahami tindakan yang baik ketika menangkap pencuri
¨     Memahami cara menegakkan hukum di kalangan siswa
¨     Memahami teladan dalam mengisi kemerdekaan
¨     Memahami sikap toleransi
1

2
3

1

4


5


2
6
3


7


8


9


4
10

1
11


12


13

5
      14

15

16

17
PG




Isian






Isian

Isian











Isian


Esay








Isan








2
Memahami sistem pemerintahan Republik Indonesia
2.1 Menjelaskan pemilu dan pilkada










2.2 Mendeskripsikan lembaga-lembaga negara sesuai UUD 45 hasil amandemen


2.3 Mendeskripsikan tugas dan fungsi pemerintahan Pusat dan Daerah
¨     Mengetahui azas pemilu
¨     Memahami pengertian azas pemilu dari Luber dan Jurdil
¨     Memahami sistem konstitusional
¨     Mengetahui proses pilkada Banten
¨     Memahami kepanitiaan dalam pemilu
¨     Mengetahui waktu-waktu pemilu di indonesia
¨     Memahami waku penyelenggaraan pemilu
¨     Mengetahui pilpres pertama kali di indonesia


¨     Mengetahui lembaga-lembaga tinggi negara
¨     Mengetahui lembaga yang berasal dari unsur kehakiman
¨     Mengetahui tugas BPK
¨     Mengetahui tugas MPR
¨     Mengetahui kepanjangan dari MK
¨     Mengetahui tugas Komisi Yudisial


¨     Memahami kewenangan Presiden dan DPR
¨     Mengetahui hak-hak DPR
¨     Memahami sistem Pemerintahan RI
¨     Memahami kekuasaan presiden sebagai kepala negara
¨     Memahami asas Desentralisasi
¨     Memahami wewenang pemerintah pusat
¨     Mengetahui dasar atau uu otonomi
¨     Memahami pengertian asas sentralisasi




18
2

19
20

21

22

6

23



3

24

25
26
7
8


27

4
9

28

29
30

10

5
PG
Esay








Esay





Ciputat,
     Mengetahui,                                                                                                                                                                                            Guru Kelas VI,
   Kepala Sekolah,                                                   



(YOYO SUDARYO, S. PD.I)                                                                                                                                                                      (Y A H Y A, S. Pd)


SOAL-SOAL

1. Untuk melindungi diri dari hewan yang akan memangsanya, kadal dan cicak melakukan ... .

a. mimikri

b. autotomi

c. reproduksi

d. konjugasi

2. vivipar yaitu perkembangbiakan hewan secara … .

a. bertelur

b. beranak

c. membelah diri

d. bertelur dan beranak

3. Penghargaan pemerintah yang diberikan pada seseorang atau kelompok orang yang berjasa bagi lingkungan hidup disebut … .

a. Bintang Jasa

b. Adipura Kencana

c. Upakarti

d. Kalpataru

4. Pernyataan di bawah ini adalah cara melestarikan lingkungan , kecuali … .

a. reboisasi

b. sengkedan

c. terasering

d. ladang berpindah

5. Tempat untuk melestarikan hewan langka agar tidak punah disebut … .

a. cagar alam

b. suaka margasatwa

c. taman hewan langka

d. kebun binatang

6. Contoh rantai makanan berikut yang benar adalah … .

a. rumput-belalang-burung-kucing

b. kucing-belalang-burung-rumput

c. kucing-burung-belalang-rumput

d. rumput-kucing-belalang-burung

7. Sesuai dengan bentuknya kaki elang berfungsi untuk … .

a. mencengkeram

b. berjalan

c. bertengger

d. mengais

8. Sendi yang memungkinkan gerakan ke semua arah yaitu sendi pada ............

A. pangkal lengan

B. pangkal ibu jari

C. tulang telapak tangan

D. jari

9. Rangka tubuh yang berfungsi sebagai pelindung bagian-bagian tubuh yang penting yaitu … .

a. tengkorak, rusuk dan tulang hasta

b. tengkorak, rusuk dan tulang belakang

c. tulang rusuk, paha dan tulang hasta

d. tulang pengumpil, betis dan tulang hasta

10. Pada saat burung terbang udara pernapasannya berasal dari ... .

a. angkasa

b. hidung

c. paru-paru

d. pundi-pundi udara

11. Bagian darah yang berguna sebagai alat pertahanan tubuh terhadap bibit penyakit adalah … .

a. eritrosit

b. leukosit

c. trombosit

d. plasma darah

12. Yang bukan merupakan fungsi zat makanan adalah sebagai zat … .

a. pengatur

b. pelindung

c. pembangun

d. tenaga

13. Zat yang berguna untuk mencegah penyakit gondok adalah … .

a. zat yodium

b. zat kapur

c. zat besi

d. zat tepung

14. Jenis kelainan tulang belakang seperti tampak pada gambar disebut ... .

A. scoliosis

B. kifosis

C. lordosis

D. stiff

..\..\..\..\..\..\Gambar\tulang\skoliosis.wmf

15. Peristiwa menguap terjadi pada saat … .

a. permukaan luar gelas yang berisi air basah

b. es batu terkena panas

c. air dipanaskan terus-menerus

d. kamper berada di udara terbuka

16. Salah satu contoh peristiwa penyubliman antara lain …

a. keringnya baju yang basah

b. berkurangnya air yang direbus

c. menguapnya kapur barus

d. mencairnya gunung es

17. Peristiwa yang terjadi pada coklat yang kita letakkan terbuka pada tempat yang panas adalah ... .

a. menguap

b. menyublim

c. meleleh

d. membeku

18. Pada waktu penyetruman aki terjadi perubahan energi, dari energi … .

a. kimia menjadi energi listrik

b. listrik menjadi energi kimia

c. gerak menjadi energi kalor

d. gerak menjadi energi listrik

19. Salah satu usaha untuk menghemat energi listrik adalah … .

a. mematikan semua lampu listrik pada malam hari

b. menyalakan lampu bila perlu

c. memasang lampu 5 watt setiap ruangan

d. tidak menggunakan lampu listrik

20. Berikut yang merupakan sumber energi alternatif adalah ... .

a. air, minyak bumi, dan bensin

b. matahari, air, dan angin

c. udara, tanah, dan solar

d. batubara, minyak bumi, dan gas bumi

21. Pengertian gaya dalam kehidupan sehari-hari adalah …

a. kemampuan melakukan kerja

b. gerakan suatu benda

c. gaya orang berjalan

d. tarikan dan dorongan

22. Gaya yang bekerja pada saat kita berlari-lari adalah gaya ... .

a. pegas

b. otot

c. gravitasi

d. gesek

23. Berikut ini yang berupakan sumber energi listrik,kecuali adalah ....

a. Generator

b. Aki

c. Transistor

d. Dinamo

24.

25. Salah satu sifat cahaya yang terjadi pada gambar di bawah adalah ....

a. benda bening memantulkan cahaya

b. cahaya merambat lurus

c. cahaya dapat dibiaskan benda bening

d. benda bening menyerap cahaya

26.

27. Sumber daya alam berikut yang dapat diperbaiki adalah … .

a. hewan, tanaman, gas

b. air, angin, dan matahari

c. tanaman, air dan minyak tanah

d. bensin, solar, dan gas

28. Penebangan hutan sembarangan dan pembakaran hutan menyebabkan terjadinya peristiwa sebagai berikut, kecuali … .

A. tanah sangat subur karena banyak abu

B. erosi besar-besaran

C. tanah longsor

D. bahaya banjir

29. Perusakan terumbu karang akan merusak ekosistem … .

A. perkebunan

B. waduk

C. laut

D. hutan

30. Tempat untuk melestarikan hewan langka agar tidak punah disebut … .

a. cagar alam

b. suaka margasatwa

c. taman hewan langka

d. kebun binatang

31. Tata surya adalah … .

a. matahari dan benda-benda di angkasa

b. matahari dan planet-planet yang mengelilinginya

c. matahari, bulan dan bumi

d. matahari, dan bintang-bintang di angkasa

32. Bintang fajar atau bintang senja adalah sebutan planet … .

A. Pluto

B. Venus

C. Uranus

D. Yupiter

33. Secara berturut-turut 3 planet setelah bumi adalah ... .

a. Yupiter, Saturnus, Mars

b. Mars, Saturnus, Yupiter

c. Saturnus, Mars, Yupiter

d. Mars, Yupiter, Saturnus

34. Berikut ini merupakan satelit alam dari planet Mars adalah ... .

a. phobos dan deimos

b. phobos dan charon

c. despina dan deimos

d. charon dan deimos

35. Kandungan gas terbanyak yang ada di planet bumi adalah ....

a. Oksigen

b. Karbondioksida

c. Karbohidrat

d. Nitrogen

36. Suhu permukaan matahari kurang lebih … .

a. 9000 derajat celcius

b. 8000 deraiat celcius

c. 7000 derajat celcius

d. 6000 derajat celcius

37. Terjadinya siang dan malam merupakan akibat dari peristiwa … .

a. bumi berputar pada porosnya

b. bumi beredar mengelilingi matahari

c. bulan berputar mengelilingi bumi

d. bulan berputar mengelilingi matahari

38. Revolusi bumi mengakibatkan terjadinya perubahan … di daerah kutub.

a. cuaca

b. pola hidup

c. panas matahari

d. musim

39. Peristiwa gerhana matahari ditunjukkan oleh gambar … .

A.

B.

C.

D.

40. Tahun masehi perhitungannya didasarkan pada ... .

a. kala revolusi bulan

b. tahun kabisat

c. kala revolusi bumi

d. rotasi bulan

Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling tepat !

1. Di bawah ini adalah ciri-ciri makhluk hidup, KECUALI .... .

a. membuang kotoran

b. berkembang biak

c. menanggapi rangsang

d. istirahat sewaktu lelah

2. Perhatikan tabel!

1. padi 4. mangga

2. tebu 5. rambutan

3. pisang 6. jambu

Berdasarkan tabel di atas tumbuhan yang dapat berkembang biak dengan cara generatif ditunjukkan angka .... .

a. 1,2,3

b. 1,3,5

c. 2,4,6

d. 4,5,6

3. Perhatikan gambar!

Bat 08

Beberapa ciri khusus yang dimiliki hewan seperti tampak pada gambar , KECUALI ... .

a. tidur menggantung

b. terbang di waktu malam

c. mencari makan di waktu siang

d. sayapnya terbentuk dari kulit yang tipis

4. Dilihat dari cara makan kucing tergolong hewan ...

a. herbivora

b. karnivora

c. omnivora

d. insektivora

5. Suaka margasatwa Tanjung Puting Kalimantan Timur untuk melestarikan hewan ... .

a. rusa bertanduk

b. harimau loreng

c. orang hutan

d. banteng merah

6. Untuk mengembangbiakan tanaman seperti tampak pada gambar, bagian tumbuhan yang ditanam adalah ... .

a. bijinya

b. umbinya

c. batang yang ada akarnya

d. batang tanpa akar

7. Agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dilakukan kegiatan ... .

a. memberi air sebanyak-banyaknya

b. menjauhkan tanaman dari sinar matahari

c. memotong ranting yang muda

d. memupuk dengan teratur

8. Hewan di bawah ini yang merupakan musuh petani ditunjukkan oleh gambar ... .

a.

kumbang_2

c.

cobra

b.

Frog 5

d.

BUTRFLY3

9. Posisi duduk seperti tampak pada gambar akan mengakibatkan kelainan tulang .... .

a. Lordosis

b. Kiposis

c. Skoliosis

d. osteoporosis

10. Alat pernapasan hewan seperti tampak pada gambar ditunjukkan oleh angka ... .

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4

11. Bagian akar yang berguna untuk menyerap mineral tanah adalah .... .

a. buluh akar

b. ujung akar

c. cabang akar

d. pangkal akar

12. Orang yang kekurangan sel darah putih dalam tubuhnya akan menderita penyakit ... .

a. leukemia

b. anemia

c. hemofilia

d. hernia

13. Rakhitis adalah jenis penyakit yang menyerang organ tubuh ... .

a. hati

b. paru-paru

c. tulang

d. kulit

14. Terjadinya butiran-butiran es merupakan peristiwa ... .

a. pembekuan

b. pengembunan

c. penyubliman

d. penghabluran

15. Perhatiakn data!

1. gandum 4. gula pasir

2. gamping 5. kecap

3.tanah liat 6. vetsin

Berdasarkan data tersebut benda yang larut dalam air ditujukkan oleh angka .... .

a. 1,2,3

b. 1,3,5

c. 4,5,6

d. 2,4,6

16. Salah satu sifat benda padat antara lain ... .

a. sesuai dengan tempatnya

b. dapat memuai jika dipanaskan

c. dapat berpindah tempat

d. bentuknya tetap

17. Salah satu contoh benda yang mengalami perubahan wujud kembali ke bentuk semula adalah .... .

a. lilin yang dibakar

b. kayu yang dibakar

c. besi yang dibakar

d. ketela yang direbus

18. Pelapukan kayu dapat dicegah dengan cara ... .

a. menggosok sampai halus

b. melapisi dengan cat

c. mencuci dengan air bersih

d. menyimpan pada tempat yang kering

19. Sumber energi listrik yang menghasilkan tegangan paling besar adaalah ... .

a. akumulator

b. batu batery

c. dinamo sepeda

d. generator

20. Alat untuk menyambung dan memutus arus listrik disebut .... .

a. stater

b. saklar

c. sekering

d. stop kontak

21. Benda yang memiliki energi potensial pegas antara lain .... .

a. air terjun dalam bendungan

b. udara yang bergerak

c. karet yang direntangkan

d. mobil yang ditarik

22. Energi air terjun dapat dimanfaatkan untuk ... .

a. mengairi lahan pertanian

b. mengolah limbah industri

c. pembangkit tenaga listrik

d. alat transfortasi

23. Pernyataan yang sesuai dengan gambar di bawah adalah ... .

Graphic1

a. titik kuasa terletak antara tumpu dan beban

b. titik beban terletak antara kuasa dan tumpu

c. titik tumpu terletak antara beban dan kuasa

d. fulkrum terletak antara tumpu dan kuasa

24. Sumber daya alam di bawah ini termasuk tidak dapat diperbarui, KECUALI ... .

a. minyak bumi

b. udara

c. tembaga

d. batuan

25. Salah satu sifat cahaya yang terjadi pada gambar di bawah adalah ....

a. benda bening memantulkan cahaya

b. cahaya merambat lurus

c. cahaya dapat dibiaskan benda bening

d. benda bening menyerap cahaya

26. Di bawah ini yang termasuk sumber daya alam fosil adalah ... .

a. Batu bara

b. Batu marmer

c. Batu obsidian

d. Batu granit

27. Bintang senja adalah sebutan dari planet .... .

a. merkurius

b. venus

c. mars

d. yupiter

28. Terjadinya siang dan malam merupakan akibat dari .... .

a. revolusi matahari dari timur ke barat

b. revolusi bumi dari barat ke timur

c. rotasi bumi dari barat ke timur

d. rotasi matahari dari timur ke barat

29. Kalender masehi disusun berdasarkan... .

a. rotasi bumi terhadap matahari

b. rotasi bulan terhadap bumi

c. revolusi bumi terhadap matahari

d. revolusi bulan terhadap bumi

30. Orang yang ahli menyelidiki angkasa luar disebut .... .

a. astronot

b. astrologi

c. astronomi

d. astronom

Untitled-Scanned-02MIPA CLASS

ILMU PENGETAHUAN ALAM


Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling tepat !

  1. Balon yang penuh berisi udara disimpan dibawah terik matahari, lama kelamaan akan meletus. Hal ini disebabkan….

a. udara menempati ruangan

b. udara menekan kesegala arah

c. udara selalu berubah-ubah

d. udara mengembang bila dipanaskan

  1. Jika ada pemangsa, cecak menyesuaikan diri terhadap lingkungan dengan cara….

a. mengecilkan ekornya

b. menggerakkan ekornya

c. memutuskan ekornya

d. mengganti ekornya

  1. Teleskop berguna untuk melihat benda jauh agar tampak lebih….

a. dekat dan jelas

b. jauh dan jelas

c. besar dan jelas

d. kecil dan jelas

  1. Untuk melindungi hewan langka dari ancaman kepunahan diadakan….

a. hutan lindung

b. suaka mergasatwa

c. cagar alam

d. suaka alam

  1. Tenaga air terjun dapat digunakan untuk….

a. alat angkutan

b. pembangkit listrik

c. pengairan sawah

d. pemeliharaan ikan

  1. Empat sendok gula pasir diaduk-aduk kedalam segelas air tawar yang bersih. Air tersebut berubah rasa menjadi manis. Sifat air yang ditunjukan pada peristiwa diatas adalah….

a. meresap melalui celah kecil

b. permukaanya selalu mendatar

c. dapat melarutkan berbagi zat

d. akan berubah wujud jika dipanaskan

  1. Air terjun yang memutar turbin dapat menghasilkan….

a. energi gerak

b. energi panas

c. energi cahaya

d. energi kimia

  1. Ayam dan merpati tergolong hewan aves. Contoh hewan lain yang sejenis adalah….

a. kelinci

b. angsa

c. penyu

d. kelelawar

  1. Alat yang menggunsksn prinsip kerja pengungkit jenis kesatu adalah….

a. skop

b. pemecah kemiri

c. energi cahaya

d. timbangan

  1. Buah kelapa yang sudah tua akhirnya jatuh ke tanah. Hal ini terjadi akibat adanya….

a. gaya pegas

b. gaya gosok

c. gaya otot

d. gaya gravitasi

  1. Contoh alat-alat yang mengunakan elektromagnetik adalah….

a. lampu listrik dan kompor listrik

b. bel listrik dan pesawat telfon

c. kipas listrik dan setrika listrik

d. kompor listrik dan bel listrik

  1. Bahan-bahan yang dapat dialiri listrik adalah….

a. tembaga dan besi

b. plastik dan kaca

c. kaca dan porselen

d. karton dan kain

  1. Kegunaan magnet batang di antaranya adalah….

a. membuat lampu listrik

b. membuat setrika listrik

c. membuat dinamo sepeda

d. membuat kicir angin

  1. Pada waktu pagi, matahari selalu muncul di sebelah timur, hal ini diakibatkan oleh….

a. perputaran bumi pada porosnya

b. perputaran matahri pada porosnya

c. perputaran bumi mengelilingi matahari

d. perputaran matahari mengelilingi matahari

  1. Benda berikut ini yang merupakan penghantar panas yang baik adalah….

a. plastik

b. grafit

c. kayu

d. alumunium

  1. Hewan berikut ini yang termasuk herbivora adalah….

a. harimau

b. kuda

c. beruang

d. singa

  1. Pada saat terjadinya gerhana metahari, kedudukan bulan berada diantara….

a. Matahari dan Bumi

b. Matahari dan Venus

c. Bumi dan Mars

d. Bumi dan Merkurius

  1. Penyakit yang diakibatkan oleh kekurangan vitamin B adalah….

a. kaki gajah

b. beri-beri

c. sariawan

d. rabun ayam

  1. Perhatikah rantai makanan berikut ini!

Padi – tikus – ular – burung elang

Pada rantai makanan diatas, tikus merupakan…

a. konsumen kesatu

b. konsumen kedua

c. konsumen ketiga

d. konsumen keempat

  1. Benda-benda berikut ini yang dapat ditarik magnet adalah….

a. karton dan kain

b. porselen dan ebonit

c. plastik dan kertas

d. paku dan silet

  1. Alat yang dapat megubah energi gerak menjadi energi listrik adalah….

a. kipas angin

b. dinamo sepeda

c. kompor listrik

d. bor listrik

  1. Warnanya kemerah-merahan dan memiliki kesamaan dengan bumi, merupakan cirri-ciri khas dari planet….

a. Uranus

b. Merkurius

c. Mars

d. Venus

  1. Bensin, solar dan aspal merupakan hasil pengolahan…

a. batu bara

b. gas alam

c. minyak bumi

d. minyak pelumas

  1. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui antara lain :

a. emas dan baja

b. minyak bumi dan batu bara

c. tumbuhan dan hewan

d. batubara dan besi

  1. Burung dengan bentuk paruh seperti gambar disamping ini merupakan….

a. pemakan biji

b. pemakan buah

c. pemakan daging

d. pemakan ikan

  1. Gas yang dibutuhkan oleh tumbuhan untuk melaksanakan fotosintesis adalah….

a. oksigen

b. karbindioksida

c. nitrogen

d. hitrogen

  1. Yang tergolong komunitas sawah antara lain….

a. katak, belalang, wereng dan burung

b. burung, harimau, kera dan kancil

c. kambing, kerbau, kuda dan bekicot

d. ayam, itik, kambing dan kumbang

  1. Bunga mawar dapat dikembang biakan dengan cara….

a. umbi lapis

b. stek batang

c. akar tinggal

d. biji

  1. Hewan yang tergolong vivipar adalah….

a. kucing

b. kadal

c. katak

d. ayam

  1. Jika populasi gajak meningkat maka populasi…..akan menurun.

a. kera dan harimau

b. daun-dauanan dan rumput-rumputan

c. umbi-umbian dan akar-akaran

d. badak dan kijang


Untitled-Scanned-02MIPA CLASS

ILMU PENGETAHUAN ALAM


Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling tepat !

  1. Benda-benda berikut ini yang dapat dijadikan magnet adalah….

a. kaca dan karet

b. karet dan alumunium

c. besi dan baja

d. baja dan kayu

  1. Nasi, ketela pohon dan sagu adalah bahan makanan yang banyak mengandung….

a. karbohidrat

b. lemak

c. protein

d. vitamin

  1. Berbulu tebal pada hewan merupakan cirri-ciri adaptasi hewan yang hidup di daerah….

a. kering

b. basah

c. dingin

d. lembab

  1. Hewan berikut yang sepanjang hidup sebagian besar berada di dalam kepompong yaitu….

a. kupu-kupu

b. ular gurun

c. lebah gurun

d. lebah madu

  1. Berikut ini tanda-tanda menginjak masa pubertas pada laki-laki kecuali….

a. pertumbuhan kaki cepat

b. suara membesar

c. dada mulai bidang

d. payudara tumbuh besar

  1. Alat kelamin jantan dan betina pada tumbuhan yaitu….

a. putik dan serbuk sari

b. benang sari dan lembaga

c. mahkota bunga dan putik

d. tangkai sari dan mahkota bunga

  1. Benda-benda berikut yang termasuk konduktor adalah….

a. plastik, kayu dan besi

b. alumunium, besi dan perak

c. kayu, plastik dan kaca

d. alumunium, kuningan dan plastic

  1. Perpindahan panas yang terjadi pada peristiwa penjemuran pakaian secara….

a. radiasi

b. konduksi

c. konveksi

d. isolator

  1. Suhu badan kita dapat diukur dengan alat yang disebut….

a. barometer

b. higrometer

c. termometer

d. amperemeter

  1. Hewan yang berkembang biak secara bertelur sekaligus melahirkan anak, termasuk dalam kelompok …

a. vivipar

b. ovivar

c. ovivipar

d. ovovivipar

  1. Peristiwa jatuhnya serbuk sari di kepala putik disebut …

a. perkembangbiakan

b. penyerbukan

c. adaptasi

d. okulasi

  1. Fungsi selaput lendir dan bulu hidung adalah …

a. mencegah bau tak sedap

b. mencegah gejala influenza

c. menyaring udara yang dihirup

d. mencegah masuknya kuman

  1. Warna kulit pada manusia ditentukan oleh …

a. leukimia

b. hemoglobin

c. ras

d. pigmen

  1. Membuat magnet buatan dengan aliran listrik dilakukan dengan …

a. kedua ujung paku diikat dengan kabel, kemudian kedua ujung kabel dihubungkan dengan kabel

b. paku diikat dengan kabel secara teratur, kedua ujung kabel dihubungkan pada kutub positif baterai

c. paku diikatkan dengan kabel secara teratur, kemudian kedua ujung kabel dihubungkan dengan baterai, ujung kabel yang satu pada kutub positif, ujung kabel yang lain pada kutub negatif

d. ujung paku diikat dengan kabel, kemudian dihubungkan dengan salah satu kutub baterai

  1. Tumbuhan berikut yang berkembang biak secara generatif adalah …

a. kentang

b. pisang

c. bawang merah

d. padi

  1. Amuba berkembang biak dengan cara …

a. bertelur

b. melahirkan

c. membelah diri

d. bertelur dan melahirkan

  1. Kemampuan hewan atau tumbuhan menanggapi rangsangan disebut …

a. adaptasi

b. akomodasi

c. iritabilitas

d. respirasi

  1. Kupu-kupu dalam fase hidupnya mengalami metamorfosisi, dengan urutan …

a. ulat→kepompong→telur→kupu-kupu

b. kupu-kupu→ulat→kepompong→telur

c. telur→ulat→kepompong→kupu-kupu

d. telur→kepompong→ulat→kupu-kupu

  1. Perhatikan pertanyaan berikut!

1. menimba air menggunakan katrol

2. memukul bola kasti

3. lomba tarik tambang

4. menyepak bola

Kegiatan yang merupakan gaya tarikan yaitu …

a. 1 dan 2

b. 1 dan 3

c. 2 dan 3

d. 3 dan 4

  1. Perpindahan panas melalui tiga cara yaitu …

a. konveksi, aliran, dan pancaran

b. konduksi, hantaran, dan radiasi

c. radiasi, pancaran, dan konduksi

d. radiasi, konduksi, konveksi

21. Tindakan-tindakan yang merusak lingkungan dan perlu dihindari, kecuali ... .

a. pembakaran hutan

b. penebangan liar

c. reboisasi

d. ladang berpindah-pindah

  1. Jika terumbu karang di laut banyak yang rusak maka akibatnya ... .

a. nelayan lebih mudah menangkap ikan

b. hewan dasar laut kesulitan mencari makan

c. mempermudah mencari makan bagi hewan dasar laut

d. jenis ikan di dasar laut semakin banyak

  1. Warna benda yang paling sulit menyerap sinar matahari adalah warna ... .

a. putih

b. hitam

c. hijau

d. ungu

  1. Tumbuhan jarak banyak dibudidayakan untuk diambil ... .

a. akar

b. daun

c. kayunya

d. bijinya

  1. Limbah pabrik supaya tidak mencemari air sebaiknya dilakukan ... .

a. pembuangan di laut

b. daur ulang

c. masak

d. endapkan

  1. Paus biru banyak diburu karena diambil ... .

a. lemak dan tulangnya

b. darah dan daging

c. daging dan sirip

d. tulang dan ekornya

  1. Hewan buruan yang banyak diambil kulitnya hingga hampir punah yaitu ... .

a. ayam dan itik

b. sapi dan gajah

c. kerbau dan kambing

d. harimau dan ular

  1. Kayu cendana banyak dibuat kerajinan berupa barang .

a. kipas

b. dinding / papan

c. tas

d. sepatu

  1. Cara melestarikan tanaman obat-obatan keluarga dengan cara ... .

a. mendirikan pabrik obat-obatan

b. menganjurkan setiap keluarga menanamnya

c. menjualbelikan di pasar

d. tidak menggunakan supaya tumbuh subur

  1. Sengkedan/terassering berguna untuk mengamankan .

a. air dan udara

b. tanah dan tumbuhan

c. air dan tanah

d. hewan dan tumbuhan

Untitled-Scanned-02MIPA CLASS

ILMU PENGETAHUAN ALAM


Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling tepat !

  1. Balon yang penuh berisi udara disimpan dibawah terik matahari, lama kelamaan akan meletus. Hal ini disebabkan….

a. udara menempati ruangan

b. udara menekan kesegala arah

c. udara selalu berubah-ubah

d. udara mengembang bila dipanaskan

  1. Jika ada pemangsa, cecak menyesuaikan diri terhadap lingkungan dengan cara….

a. mengecilkan ekornya

b. menggerakkan ekornya

c. memutuskan ekornya

d. mengganti ekornya

  1. Teleskop berguna untuk melihat benda jauh agar tampak lebih….

a. dekat dan jelas

b. jauh dan jelas

c. besar dan jelas

d. kecil dan jelas

  1. Untuk melindungi hewan langka dari ancaman kepunahan diadakan….

a. hutan lindung

b. suaka mergasatwa

c. cagar alam

d. suaka alam

  1. Tenaga air terjun dapat digunakan untuk….

a. alat angkutan

b. pembangkit listrik

c. pengairan sawah

d. pemeliharaan ikan

  1. Empat sendok gula pasir diaduk-aduk kedalam segelas air tawar yang bersih. Air tersebut berubah rasa menjadi manis. Sifat air yang ditunjukan pada peristiwa diatas adalah….

a. meresap melalui celah kecil

b. permukaanya selalu mendatar

c. dapat melarutkan berbagi zat

d. akan berubah wujud jika dipanaskan

  1. Air terjun yang memutar turbin dapat menghasilkan….

a. energi gerak

b. energi panas

c. energi cahaya

d. energi kimia

  1. Ayam dan merpati tergolong hewan aves. Contoh hewan lain yang sejenis adalah….

a. kelinci

b. angsa

c. penyu

d. kelelawar

  1. Alat yang menggunsksn prinsip kerja pengungkit jenis kesatu adalah….

a. skop

b. pemecah kemiri

c. energi cahaya

d. timbangan

  1. Buah kelapa yang sudah tua akhirnya jatuh ke tanah. Hal ini terjadi akibat adanya….

a. gaya pegas

b. gaya gosok

c. gaya otot

d. gaya gravitasi

  1. Contoh alat-alat yang mengunakan elektromagnetik adalah….

a. lampu listrik dan kompor listrik

b. bel listrik dan pesawat telfon

c. kipas listrik dan setrika listrik

d. kompor listrik dan bel listrik

  1. Bahan-bahan yang dapat dialiri listrik adalah….

a. tembaga dan besi

b. plastik dan kaca

c. kaca dan porselen

d. karton dan kain

  1. Kegunaan magnet batang di antaranya adalah….

a. membuat lampu listrik

b. membuat setrika listrik

c. membuat dinamo sepeda

d. membuat kicir angin

  1. Pada waktu pagi, matahari selalu muncul di sebelah timur, hal ini diakibatkan oleh….

a. perputaran bumi pada porosnya

b. perputaran matahri pada porosnya

c. perputaran bumi mengelilingi matahari

d. perputaran matahari mengelilingi matahari

  1. Benda berikut ini yang merupakan penghantar panas yang baik adalah….

a. plastik

b. grafit

c. kayu

d. alumunium

  1. Hewan berikut ini yang termasuk herbivora adalah….

a. harimau

b. kuda

c. beruang

d. singa

  1. Pada saat terjadinya gerhana metahari, kedudukan bulan berada diantara….

a. Matahari dan Bumi

b. Matahari dan Venus

c. Bumi dan Mars

d. Bumi dan Merkurius

  1. Penyakit yang diakibatkan oleh kekurangan vitamin B adalah….

a. kaki gajah

b. beri-beri

c. sariawan

d. rabun ayam

  1. Perhatikah rantai makanan berikut ini!

Padi – tikus – ular – burung elang

Pada rantai makanan diatas, tikus merupakan…

a. konsumen kesatu

b. konsumen kedua

c. konsumen ketiga

d. konsumen keempat

  1. Benda-benda berikut ini yang dapat ditarik magnet adalah….

a. karton dan kain

b. porselen dan ebonit

c. plastik dan kertas

d. paku dan silet

  1. Alat yang dapat megubah energi gerak menjadi energi listrik adalah….

a. kipas angin

b. dinamo sepeda

c. kompor listrik

d. bor listrik

  1. Warnanya kemerah-merahan dan memiliki kesamaan dengan bumi, merupakan cirri-ciri khas dari planet….

a. Uranus

b. Merkurius

c. Mars

d. Venus

  1. Bensin, solar dan aspal merupakan hasil pengolahan…

a. batu bara

b. gas alam

c. minyak bumi

d. minyak pelumas

  1. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui antara lain :

a. emas dan baja

b. minyak bumi dan batu bara

c. tumbuhan dan hewan

d. batubara dan besi

  1. Burung dengan bentuk paruh seperti gambar disamping ini merupakan….

a. pemakan biji

b. pemakan buah

c. pemakan daging

d. pemakan ikan

  1. Gas yang dibutuhkan oleh tumbuhan untuk melaksanakan fotosintesis adalah….

a. oksigen

b. karbindioksida

c. nitrogen

d. hitrogen

  1. Yang tergolong komunitas sawah antara lain….

a. katak, belalang, wereng dan burung

b. burung, harimau, kera dan kancil

c. kambing, kerbau, kuda dan bekicot

d. ayam, itik, kambing dan kumbang

  1. Bunga mawar dapat dikembang biakan dengan cara….

a. umbi lapis

b. stek batang

c. akar tinggal

d. biji

  1. Hewan yang tergolong vivipar adalah….

a. kucing

b. kadal

c. katak

d. ayam

  1. Jika populasi gajak meningkat maka populasi…..akan menurun.

a. kera dan harimau

b. daun-dauanan dan rumput-rumputan

c. umbi-umbian dan akar-akaran

d. badak dan kijang

Sekilas Info

KUALITAS PENDIDIKAN

Dalam konsep yang lebih luas, kualitas pendidikan mempunyai makna sebagai suatu kadar proses dan hasil pendidikan secara keseluruhan. Kualitas pendidikan yang menyangkut proses dan atau hasil ditetapkan sesuai dengan pendekatan dan kriteria tertentu.

Faktor-faktor yang menentukan kualitas proses pendidikan suatu sekolah adalah terletak pada unsur-unsur dinamis:

1. Guru, berada di garis terdepan yaitu guru. “No teacher no education, no education no economic and social development

Guru Berkarakter, Guru yang berkarakter adalah guru yang mempunyai prinsip hidup dan perenungannya dan kebebasan dalam berkreasi. Dengan prinsip yang hidup yang dihasilkan dari pencarian dan perenungan, seorang guru mem­punyai kepercayaan diri dalam membimbing dan mendidik peserta didik sesuai dengan per­kembangan dan kemam­puannya. Dengan kebebasan berkreasi, guru diharapkan dapat mengem­bangkan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif, kreatif, dan inovatif sehingga potensi siswa berkembang secara maksimal.
Guru bekarakter akan berusaha menciptkan iklim belajar yang efektif dan menyenangkan, de­ngan kreativitas metode pem­belajaran, untuk mengurangi ke­jenuhan dan menyesuaikan dengan konteks pembelajaran sehingga tumbuh kegairahan dan motivasi instrinsik dan ekstrinsik.Dengan karakter positif yang ditunjukkan guru, diharap­kan pelanggaran disipilin ber­kurang; siswa berperilaku wajar, percaya diri, dan tidak sombong; dan persaingan sehat antarsiswa, kelas, dan guru tumbuh di lingkungan sekolah atau lembaga pendidikan.Itulah pentingnya guru berkarakter bagi pem­bentukan karakter generasi muda.

Guru menjadi titik sentral dan awal dari semua pembangunan pendidikan. Di Indonesia guru masih belum mendapatkan posisi yang seharusnya dalam kebijakan dan program-program pendidikan. Saatnya kini membuat kebijakan dengan paradigma baru yaitu membangun pendidikan dengan memulainya dari subyek “guru”. Tanpa itu semua dikhawatirkan mutu pendidikan tidak sampai pada cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pengembangan sumber daya manusia.

Dalam kenyataan, guru belum memperoleh haknya untuk dapat mengajar secara profesional dan efektif, Hal itu tercermin dari kondisi saat ini yang mencakup jumlah yang kurang sehingga harus bekerja melebihi lingkup tugasnya, mutu yang belum sesuai dengan tuntutan, distribusi yang kurang merata, kesejahteraan yang amat tidak menunjang, dan manajemen yang tidak kondusif.

Dalam konteks yang lebih luas, hasil pendidikan mencakup tiga jenjang yaitu: produk, efek, dan dampak

efek”, adalah perubahan lebih lanjut terhadap keseluruhan kepribadian peserta didik sebagai akibat perolehan produk dari proses pendidikan (pembelajaran) dari satu periode tertentu.

dampak”, adalah berupa pengaruh lebih lanjut hasil pendidikan berupa produk dan efek yang diperoleh peserta didik terhadap kondisi dan lingkungannya baik di dalam keluarga ataupun masyarakat secara keseluruhan.

Peran guru di sekolah

Dalam keseluruhan kegiatan pendidikan di tingkat operasional, guru merupakan penentu keberhasilan pendidikan melalui kinerjanya pada tingkat institusional, instruksional, dan eksperiensial.. Sebagai pelatih (coaches), guru memberikan peluang yang sebesar-besarnya bagi peserta didik untuk mengembangkan cara-cara pembelajarannya sendiri sebagai latihan untuk mencapai hasil pembelajaran optimal.. Sebagai konselor, guru menciptakan satu situasi interaksi di mana peserta didik melakukan perilaku pembelajaran dalam suasana psikologis yang kondusif dengan memperhatikan kondisi setiap peserta didik dan membantunya ke arah perkembangan optimal. Sebagai manajer pembelajaran, guru mengelola keseluruhan kegiatan pembelajaran dengan mendinamiskan seluruh sumber-sumber penunjang pembelajaran. Sebagai partisipan, guru tidak hanya berperilaku mengajar akan tetapi juga berperilaku belajar melalui interaksinya dengan peserta didik. Sebagai pemimpin, guru menjadi seseorang yang menggerakkan peserta didik dan orang lain untuk mewujudkan perilaku pembelajaran yang efektif.. Sebagai pembelajar, guru secara terus menerus belajar dalam rangka menyegarkan kompetensinya serta meningkatkan kualitas profesionalnya. Sebagai pengarang, guru secara kreatif dan inovatif menghasilkan berbagai karya yang akan digunakan untuk melaksanakan tugasnya.

MASALAH DAN KENDALA

1. Kuantitas, kualitas, dan distribusi.

2. Kesejahteraan.

Dari segi keadilan kesejahteraan guru, masih ada beberapa kesenjangan yang dirasakan sebagai perlakuan diskriminatif para guru. Di antaranya adalah: (1) kesenjangan antara guru dengan PNS lainnya, serta dengan para birokratnya, (2) kesenjangan antara guru dengan dosen, (3) kesenjangan guru menurut jenjang dan jenis pendidikan, misalnya antara guru SD dengan guru SLTP dan Sekolah Menengah, (4) kesenjangan antara guru pegawai negeri yang digaji oleh negara, dengan guru swasta yang digaji oleh pihak swasta, (5) kesenjangan antara guru pegawai tetap dengan guru tidak tetap atau honorer, (6) kesenjangan antara guru yang bertugas di kota-kota dengan guru-guru yang berada di pedesaan atau daerah terpencil, (7) kesenjangan karena beban tugas, yaitu ada guru yang beban mengajarnya ringan tetapi di lain pihak ada yang beban tugasnya banyak (misalnya di sekolah yang kekurangan guru) akan tetapi imbalannya sama saja atau lebih sedikit. Kesejahteraan mencakup aspek imbal jasa, rasa aman, kondisi kerja, hubungan antar pribadi, dan pengembangan karir, ditambah lagi lingkungan sekolah yang kurang mendukung, baik warga sekolah khususnya wali murid yang selalu menuntut yang lebih padahal semua di lakukan dengan semaksimal mungkin,lebih lebih orang tua yang mengharapkan lebih tetapi tidak berpikir panjang..

Semua menjadi kendala seorang Guru untuk Berkarya, apalagi wali murid yang terlalu ikut campur tangan tanpa wawasan yang di milikinya dan penghargaan yang diberikannya ini semua menjadi kendala, yang perlu segera di selesaikan bersama

Pemerintah sebagai Central kebijakan, Pempinan sekolah sebagai pelaksana kebijakan, Guru sebagai praktisi pendidikan, siswa sebagai objek/subjek pendidikan dan Wali murid sebagai Pendukung pendidikan harus saling bersinergis, saya yakin semua harap ini akan tergapai.AMIN

3. Manajemen guru

4. Penghargaan terhadap guru

5. Pendidikan guru

Yahya8484@ymail.com


Jadwal MotoGP 2011

pergelaran balap motor paling digemari yakni motoGP 2011 ternyata sudah mengeluarkan jadwal sementara, dimana kita bisa melihat kiprah valentino Rossi bersama ducati dalam motogp 2011 ini, dan seperti balapan sebelumnya dimana dalam jadwal motoGP 2011 ini Ada 18 tempat. dimulai dengan balapan malam hari di Qatar pada 20 Maret 2011 serta Valencia jadi tempat race Penutup pada , 6 November 2011.

Balapan MotoGP Spanyol bakal digelar di Jerez 3 April, Barcelona 5 Juni dan tentu saja Aragon 18 September tahun depan. Berikut ini Jadwal MotoGP 2011 selengkapnya

No

Tanggal

Seri

Sirkuit

Juara

1

Minggu, 20/03/2011

MotoGP Qatar

Losail


2

Minggu, 03/04/2011

MotoGP Jerez

Jerez


3

Minggu, 01/05/2011

MotoGP Portugal

Estoril


4

Minggu, 15/05/2011

MotoGP Prancis

LeMans


5

Minggu, 05/06/2011

MotoGP Catalunya

Catalunya


6

Sabtu, 12/06/2011

MotoGP Inggris Raya

Silverstone


7

Sabtu, 25/06/2011

MotoGP Belanda

Assen


8

Minggu, 03/07/2011

MotoGP Italia

Mugello


9

Minggu, 11/07/2011

MotoGPJerman

Sachsenring


10

Minggu, 24/07/2011

MotoGP AS

Laguna Seca


11

Minggu, 14/08/2011

MotoGP Republik Ceko

Brno


12

Minggu, 28/082011

MotoGP Indianapolis

Indianapolis


13

Minggu, 04/09/2011

MotoGP San Marino

Misano


14

Minggu, 18/09/2011

MotoGP Aragon

Aragon


15

Minggu, 2/10/2011

MotoGP Jepang

Motegi


16

Minggu, 16/10/2011

MotoGP Australia

Philip Island


17

Minggu, 23/10/2011

MotoGP Malaysia

Sepang


18

Minggu, 06/11/2011

MotoGP Valencia

Valencia




Jadwal Moto GP 2011 ini baru bersifat sementara, Jika ada perubahan akan segera saya sesuaikan dengan jadwal moto GP terbaru yang di keluarkan oleh Federasi Balap Motor Internasional (FIM), Untuk jadwal siaran langsung MotoGP 2011 kita tunggu saja di Trans 7 yang biasanya menayakangkan balapan moto gp ini


MIPA CLASS_YAHYA ke Thamrin City

Studi Ilmiah ke Robotic Explorer_Thamrin City

Bismillahirahman niraahim, kami niatkan setiap sebelum melangkah beraktivitas

Semangat pagi...(Triak kami dengan keras, menyambut siswa/i kami)

Semangat pagi (siswa/i ku berteriak mengulangi dengan penuh semangat)

Tepuk MIPA CLASS...

Matematika (puk..puk..puk..puk)

IPA (puk..puk..puk..puk)

T..O..P.. Baaaannnnnnngggggggeeeet

Dengan penuh suka cita dan kebahagiaan kami lihat dirawut wajah siswa/i kami,ada apakah gerangan..? ooh..ternyata siswa/i MIPA CLASS mau pergi ke Robotic explorer _Thamrin City (satu-satunya di dunia tempat menyalurkan dan mengembangkan minat kita dalam hal Robot,programing komputer dst).

MIPA CLASS adalah salah satu wadah bina prestasi untuk siswa/i yang mempunyai kompetensi tinggi di bidang Matematika dan IPA dan juga yang terpenting mempunyai kemauan untuk ikut,untuk maju dan berkembang...

MIPA CLASS Mempunyai banyak kegiatan untuk memacu siswa/i agar lebih maju dan berkembang khususnya di bidang Matematika dan IPA dengan cara yang menyenangkan,inovatif,kreatif dan berakhlakul karimah salah satunya kegiatan Study Ilmiah yang kami selenggarakan pada haru sabtu, ke Robotic explorer_Thamrin City dengan kegiatan ini kami harapkan siswa/i kami bukan hanya sekedar tahu itu robot, tetapi mereka benar - benar memahami, karena di sana siswa/i dapat melihat, merakit, memprogram dan mengoperasikan secara langsung Robot itu dan kami juga memberikan refleksi dari setiap kegiatan dengan maksud agar siswa/i kita semakin dekat dengan penciptaNYA..ALLOH S.W.T seperti contoh dalam kegitan robotic ini, kami mengilustrasikan sejangih-janggihnya Robot tetap masih banyak kelemahan, masih harus ada operator yaitu manusia dst.

Mudah-mudahan tahun berikutnya MIPA CLASS bisa lebih baik lagi,dengan kerjasama kita yang sinergis.AMIN